Portal Keunikan Masa Kini

Sabtu, 12 Juni 2010

10 AMAZING ACTIVE VOLCANOES

Spoiler for :
Quote:
Kilauea, Hawaii, USA

Gunung Kilauea yg terletak di Pulau Besar Hawaii merupakan gunung berapi teraktif meskipun tingginya hanya 1247 mdpl. Menurut catatan, sejak January 1983 gunung tsb telah memuntahkan lahar yg jumlahnya bisa dipakai untuk membuat jalan mengelilingi dunia tiga kali!.
Spoiler for :

Spoiler for :

Nama Kilauea dlm bahasa Hawai berarti "memuntahkan"; mengindikasikan gunung telah meletus jauh sebelum Cpt Cook dr Inggris menemukan kepulauan Hawai pd abad ke 18. Buktinya dapat dilihat dr jejak kaki yg mengeras, yg dikatakan berasal dari 80 pejuang lokal yg mati terkena aliran lava
Spoiler for :
Quote:
Etna, Italy
Gunung Etna di pulau Sisilia telah meletus terus menerus dari kurang lebih 300.000 tahun lalu. Gunung tsb bertambah tinggi 2,5 kali dari asalnya dan meletus setiap tahun, terakhir bulan April 2010.
Spoiler for :

Gunung tsb terkadang mengeluarkan asap berbentuk CINCIN ke angkasa, fenomena yg langka & bertahan sampai 15 menit dimana diameternya mencapai 182.88 meter!!
Spoiler for :
Quote:
Nyamuragira, Democratic Republic of Congo
Gunung Nyamuragira terletak di Pegunungan Virunga dan telah meletus 30 kali sejak tahun 1880 dimana letusan belakangan ini menjadi perhatian karena daerah sekitar telah ditinggali warga. Daerah Virunga juga merupakan suaka tempat kera besar termasuk gorila gunung hidup.
Spoiler for :

Gunung Nyamugarira menyambut tahun baru dengan letusan: Tgl 2 januari 2010, lahar mengalir dari kawah menuruni lereng ke arah selatan dan barat daya sejauh 500 meter. Tipe laharnya sedikit namun bergerak cepat.
Spoiler for :
Quote:
Sakurajima, Japan
Gunung Sakurajima terletak di sebuah tempat (dulu merupakan sebuah pulau) sebelah selatan teluk Kagoshima (kaldera Aira). Sekarang pulau tsb telah menyatu dengan pulau utama karena terbentuknya tanjung akibat aliran lava yg mengeras pada tahun 1914, dengan tinggi hanya 1.117 mdpl.
Spoiler for :
Spoiler for :

Sakurajima timbul dari muntahan lahar dari ruang dibawah kaldera Aira dengan lebar 20 km kira-kira 22.000 tahun lalu dalam ledakan yg sangat besar dan membawa debu dan material lainnya ke segala arah sejauh ratusan mil.
Spoiler for :
Quote:
Erebus, Antarctica
Gunung Erebus merupakan gunung yg terletak paling Selatan di dunia dan telah meletus sejak 1972 dengan tinggi 3.794 mdpl serta ditutupi salju. Namun kawahnya berisi lahar abadi yg bisa dilihat dari angkasa
Spoiler for :

Aktivitas gunung ini biasanya berupa ledakan geothermal yg menghasilkan gua es dan fumarol berbentuk terompet yg mengeluarkan uap panas. Walaupun berstatus aktif, tapi gunung ini cukup tenang sehingga digunakan sbg tempat penelitian.
Spoiler for :
Quote:
Chaitén, Chile
Gunung Chaiten di selatan Chile meletus pada 2 Mei 2008, dimana letusan sebelumnya adalah 9.500 tahun yg lalu . Statusnya aktif dengan ditandai munculnya gulungan abu vulkanik yg dihiasi petir yg menggelegar
Spoiler for :
Dalam waktu 24 jam dari awal letusan, gulungan abu vulkanik naik puluhan
ribu kaki ke udara dan tertiup angin ke arah tenggara. Gulungan abu didokumentasikan oleh satelit (gambar bawah), memanjang melewati Argentina ke arah selatan Samudra Atlantik
Spoiler for :
Quote:
Anak Gunung Krakatau, Indonesia
Anak Gunung Krakatau memang tidak besar tapi berpotensi membawa bencana, dimana sebelumnya induk Krakatau meletus pada tahun 1883 dan menyebabkan kematian sekitar 36.000 orang
Spoiler for :

Seiring dengan meningkatnya tinggi gunung tsb - kira-kira bertambah 5 inches (13cm) per minggu dari tinggi semula sejak tahun 1955 - maka meningkat pula bahaya yg akan ditimbulkan. Gunung tsb masuk status aktif sejak April 2008 dan masih berlangung sampe detik ini.
Spoiler for :

Gunung Anak Krakatau pertama kali muncul ke permukaan di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra pada bulan Agustus 1930 dan pada tahun 2005 tingginya sudah mencapai 300 mdpl.... waktu induk Krakatau meletus dengan mebawa kekuatan 200 megaton bom atom tahun 1883 tingginya hanya 813 mdpl!! :
Spoiler for :
Quote:
Tungurahua, Ecuador
Gunung Tungurahua merupakan gunung api tertinggi, menjulang 5.023 mdpl di selatan Ekuador dan aktif semenjak tahun 1999 dengan letusan bear tahun 2006 dan 2008.
Spoiler for :

Sebagai gunung tertinggi di Andes, puncaknya ditutupi es, sampai letusan tahun 1999 mencairkannya. Yg plg berbahaya dari gunung tsb bukanlah abu, lahar, atau meterial panas lainnya melainkan banjir dan longsoran tanah yg dapat menyapu populasi di sekitarnya, termasuk wisata air panas di kota Banos.
Spoiler for :
Quote:
Yasur, Vanuatu
Gunung Yasur di pulau Tanna terletak di kepulauan Vanuatu selatan pasifik, tidak hanya aktif bertahun-tahun tetapi memuncratkan lahar setiap jamnya!!Walau hanya setinggi 361 mdpl gunung tsb dihiasi kawah yg hamper berbentuk lingkaran sempurna dengam diameter 400m.
Spoiler for :

Seperti gunung Kilauea di Hawai, keaktifan gunung ini dapat diukur, sehingga turis dapat mendekat sampai jarak maksimal. Contohnya seperti dibawah ini, seorang turis menikmati piknik dengan hotdog & bir selagi lahar disana menyajikan pancuran yg indah dengan suara dan cahaya yg unik
Spoiler for :
Quote:
Eyjafjallajökull, Iceland
Gunung Eyjafjallajökull merupakan gunung yg baru aktif kembali dan menyebabkan banyaknya jadwal penerbangan yg ditunda/dibatalkan. Pernah meletus dari tahun 1821-1823, sebelumnya pada tahun 920 dan juga 1621.
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Uniknya, tiga letusan Eyjafjallajökull juga diikuti letusan Gunung Katla, gunung yg JAUH lebih besar berjarak 25 km. Bahkan Presiden Islandia telah mempersiapkan kemungkinan terburuk andai Gunung Katla benar-benar ikut meletus. Perbandingannya dapat dilihat pada gambar dibawah.


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4173654

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011