Portal Keunikan Masa Kini

Jumat, 11 Juni 2010

Ini Dia gan, Museum Tertua di Indonesia

Radya Pustaka adalah museum tertua di Indonesia. Dibangun pada 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Adipati Sosroningrat IV, pepatih dalem pada masa pemerintahan Pakubuwono IX dan Pakubuwono X.Awalnya museum ini berada di salah satu ruang di kediaman KRA Sosrodiningrat IV di Kepatihan yang bernama Panti Wobowo. Kemudian atas prakarsa Paku Buwana X, museum lantas dipindahkan ke Loji Kadipolo pada tanggal 1 Januari 1913 hingga sekarang.
Quote:
Spoiler for for:


Quote:
Memasuki gerbang museum, tidak ada yang menarik dari tempat ini. Tidak ada kesan yang menunjukkan bahwa museum ini merupakan museum tertua dan banyak peninggalan sejarah didalamnya. Kondisi ini hampir sama dengan museum-museum lain yang pernah kami kunjungi.

Quote:
Museum Radya Pustaka terletak dijalan Slamet Riyadi, bertempat didalam kompleks Taman Wisata Budaya Sriwedari. Di museum ini tersimpan koleksi benda-benda kuno yang mempunyai nilai seni dan sejarah yang tinggi anatar lain: beberapa arca batu dan perunggu dari jaman Hindhu dan Buddha, koleksi keris kuno dan senjata tardisional, seperangkat gamelan, wayang kulit dan wayang beber, koleksi keramik, dan berbagai barang seni lainnya yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.

Quote:
Spoiler for for:


Quote:
Memasuki sebuah ruangan, kami mendapati beberapa benda-benda bersejarah seperti meriam dan beberapa patung yang terbuat dari kayu. Sebagian koleksi museum ini berasal dari Museum Kraton Kasunanan Surakarta.
Quote:
Spoiler for for:


Quote:
Koleksi tokoh wayang dipajang di dalam etalase yang terbuat dari kaca. Penataan tokoh wayang cukup rapi dan terawat dengan baik. Selanjutnya memasuki sebuah ruangan yang berisi arca yang terbuat dari batu dan perunggu.
Quote:
Spoiler for for:


Quote:
Arca candi diletakkan di lantai dan terlihat kondisinya kurang terawat. Dikhawatirkan dengan penempatan arca di lantai yang dingin dan lembab dapat menyebabkan pelapukan pada batuan arca. Koleksi buku dan naskah kuno masih tersimpan rapi di rak-rak dan sebagian dipajang di meja. Namun ada beberapa buku yang kondisinya sudah rusak dan disimpan dilemari
Spoiler for for:


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4137570

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011