Portal Keunikan Masa Kini

Sabtu, 14 Agustus 2010

Cara Jepang untuk "Mengharamkan rokok" ! cekidot..

http://www.omemo.co.il/images/stories/baby_cigar.jpg


Ini dia usaha2 negara jepang yang ingin membuat warga nya mengurangi konsumsi rokok ..


Spoiler for pertama:
* Tahun 2004, Pemerintah Jepang menaikan harga rokok. Dengan dinaikannya rokok, tidak menyebabkan ongkos bus, taksi, dll menjadi naik.


Spoiler for kedua:
* Tahun 2007 akhir, Pemerintah Jepang memasang larangan merokok di semua taksi di Jepang, tidak terkecuali untuk pengemudinya. Kalau di Indonesia, penumpang mengalah kepada sopir taksi yang merokok.


Spoiler for ketiga:
* Tahun 2008, Pemerintah Jepang mengeluarkan kartu “Taspo”, yaitu semacam SIK (Surat Ijin Merokok), dengan tujuan anak di bawah umur 20 tahun tidak boleh merokok. Masing-masing perokok wajib terdaftar sebagai perokok dan wajib memiliki kartu tersebut. Kartu Taspo ini sangat sakti. Mesin penjual rokok atau toko tidak akan menjual rokoknya kepada yang tidak mempunyai kartu ini


Spoiler for keempat:
Rokok di Jepang dibuatkan semacam klasifikasi dari 10 s/d 1. Tujuannya adalah memberikan penyuluhan kepada perokok untuk berhenti secara alami. Klasifikasi tingkat 10 adalah yang paling berat, baik itu kadar tar, nikotin, dll. Setelah itu kita biasakan dengan rokok klasifikasi 9, 8, 7, dst., akhirnya klasifikasi tingkat-1, yaitu rokok yang paling ringan. Kalau sudah terbiasa menghisap rokok klasifikasi-1, tidak merokok sama sekali pun kita bisa.


Spoiler for kelima:
* Merokok sambil berjalan bisa didenda 5000 yen/ 400 rebu di tempat!


Spoiler for keenam:

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011