Portal Keunikan Masa Kini

Selasa, 09 Maret 2010

Inilah Alat Untuk Membobol ATM



Seperti berita-berita yang ramai di bicarakan tentang bobolnya ATM di beberapa Bank terkenal Indonesia dan di curigai di otaki oleh orang Rusia. Namun sebenarnya membobol ATM itu sangatlah “mudah” dengan catatan ATM tersebut punya keamanan yang lemah seperti tidak adanya CCTV dan berada di tempat yang sunyi sehingga memudah kan para pembobol memasang alat yang bernama SKIMMER.
Buat yang belum tahu apa itu skimmer, inilah selintas tentang skimmer yang merupakan istilah sederhana yang berarti alat yang bisa digunakan untuk aktivitas pencurian informasi yang dilakukan dari kartu nasabah, baik dari kartu ATM maupun kartu kredit. Dengan memasang alat ini di mulut ATM, pelaku bisa mendapatkan data di kartu nasabah. Kemudian tinggal memasukannya ke dalam kartu ATM bodong (sumber detikinews), skimmer merupakan barang legal yang biasa digunakan untuk membuat kartu keanggotaan club, komunitas serta lainnya dan harganya pun cukup terbilang murah yaitu sekitar 500 ribu hingga 1,5 juta rupiah.
Sumber gambar : www.detikews.com
Gambar atas adalah alat asli, gambar bawah adalah gambar palsu, terlihat perbedaannya yang palsu memiliki sambungan sedangkan yang asli polos tanpa sambungan.
Sumber gambar : www.detikinet.com
Contoh lain skimmer.
Melalui skimmer yang terpasang di mulut ATM inilah pelaku berhasil menduplikasi kartu ATM kita dan hasil dari duplikasi tersebut akan dicopy – paste ke dalam kartu ATM kosong / bodong, ini artinya pelaku berhasil mendapatkan ‘kartu’ ATM sang korban.
Situasi sudah memungkinkan, data ATM sudah didapat maka langkah terakhir adalah mendapatkan PIN korban.  Caranya bisa dilakukan dengan berbagai cara,  di antaranya adalah melihat langsung saat korban memasukan pinnya saat bertransaksi di ATM atau pelaku menaruh ‘hidden cam’  alias kamera tersembunyi yang ukurannya sangat kecil di sekitar mesin atm sehingga dapat merekam jari korban saat memasukkan pin ATM, harga sebuah hidden cam standar berkisar antara 300 ribu – 500 ribu rupiah.
Nah setelah kamu mengetahui cara kerja para pembobol ATM ini maka saya harap bisa memberikan ide atau inspirasi atau apalah namanya untuk menghindari agar ATM kamu tidak bobol.
Dan yang terakhir yang paling sering membobol ATM kita sendiri adalah diri kita ini, kalau masih ada uang di ATM bisanya mau beli ini dan  beli gitu sehingga uang di ATM sendiri menipis bahkan sampai habis terkuras. Ha ha ha ha.

|Tweet

0 komentar:

Posting Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011