Portal Keunikan Masa Kini

Rabu, 10 Maret 2010

Telur New York dan Meksiko



New York adalah kota yang never sleep aktivitasnya artinya tidak pernah stop selama 24 jam penuh. Dan kalau kita bandingkan dengan Meksiko tentu semua orang berkesimpulan New York lebih sibuk dari pada Meksiko.  Begitu juga dengan masalah telur di New York dan Meksiko ada perbedaan yang mungkin di sadari atau tidak oleh dua penduduk kota tersebut.
Ini fakta, apabila telur di rebus dalam waktu yang bersamaan di dua kota tersebut maka telur yang matang terlebih dahulu adalah telur di kota New York. Percaya ?. Ini mungkin ada sedikit kaitannya dengan aktivitas yang super sibuk di kota New York tersebut. He..he..he, jadi segala sesuatunya harus cepat.  Tapi katanya orang pintar “Makin tinggi suatu tempat, makin rendah temperature didih air”.
Kalau masih bingung Inilah penjelasan gampangnya. Kompor di Meksiko kebanyakan berada di ketinggian 2239 meter dari permukaan laut, sedangkan kompor di New York yang notabene adalah kota pesisir hanya lebih sedikit tinggi dari permukaan laut.
Jika air bisa mendidih pada suhu 100 derajat celcius di New York sedangkan di Meksiko air mendidih hanya bersuhu 93 derajat celcius.  Jadi merebus telur di Meksiko membutuhkan setidaknya 3 menit lagi tambahan waktu untuk matang.
Contoh yang paling ekstrem yaitu kita ambil titik tertinggi di planet ini adalah puncak Everest, dengan ketinggian 8848 meter di atas permukaan laut.  Temperatur didih di sini hanya 70 derajat celcius dan yang jelas itu tidak cukup panas untuk memasak apapun, dan tidak perduli Anda lapar sekali sehabis mendaki setinggi itu dan seumpanya ingin menikmati mie instan. “In your dream”.

|Tweet

0 komentar:

Posting Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011