Portal Keunikan Masa Kini

Minggu, 23 Mei 2010

Malaysia Bajak Rumah Gadang di Shanghai Expo 2010

Dalam acara Shanghai Expo 2010 yang dibuka Pemerintah China, Sabtu (1/5/2010) lalu, ada yang menarik perhatian Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. Di paviliun Malaysia terpampang konstruksi mirip muka bangunan rumah gadang.

Dalam bincang-bincang dengan wartawan di Jakarta, Jumat (7/5/2010), Hatta mengungkapkan, pemandangan itu sangat mencolok karena paviliun Malaysia terletak persis di depan paviliun Indonesia. Jika tidak disikapi positif, pemandangan itu menimbulkan sensitivitas. Namun, Hatta merasa bersyukur dengan peristiwa ini.

"Saya melihat memang bukan sekali dua kali yang berkaitan dengan heritage, nilai budaya dan warisan yang menimbulkan sensitivitas. Cuma saya akan menjawab, kalau ditanya ini rumah apa, tentu akan dijawab rumah minang. Lalu ditanya Minang itu di mana, kita jawab Minang itu kan di Indonesia. Indonesia kan jadi go international. Lebih untung kan," ucapnya ringan.

Hatta menyadari, dirinya bukan ahli budaya. Namun, dia beranggapan, soal tradisi tak perlu diributkan karena bisa menimbulkan malu bagi kedua belah pihak.

Dalam kesempatan itu, Hatta menyampaikan, acara Shanghai Expo menggembirakan Indonesia. Paviliun Indonesia ramai dikunjungi. Dalam lima hari, tercatat 80.000 pengunjung berkeliling-keliling di paviliun Indonesia.

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011