Portal Keunikan Masa Kini

Jumat, 21 Mei 2010

Konsep Dapur Menggunakan Teknologi Nano Multi-Touch



Teknologi nano yang pada beberapa dekade yang lalu hanya dianggap sebagai science fiction alias fiksi ilmiah. Namun sekarang teknologi tsb bisa diaplikasikan dalam kehidupan manusia, bahkan untuk kebutuhan dapur kita.
Gema teknologi nano sebagai teknologi di masa depan telah menyedot perhatian yang luar biasa, terutama bagi dunia peneliti. Dari segi bahasa, istilah “nano” diambil dari ukuran suatu benda/material dalam skala nanometer. Satu nanometer sama dengan sepermiliar meter. Jadi, teknologi nano berarti sebuah rekayasa teknologi material dengan ketelitian ukurannya sampai pada skala nanometer.

Teknologi nano telah diyakini akan menjadi teknologi terobosan untuk kemajuan berbagai bidang, yaitu material, elektronika, IT (information technology), energi, lingkungan, bioteknologi, kedokteran dan lain-lain. Potensi besar ini lah yang membuat teknologi nano dikenal sebagai kunci teknologi di abad 21. Kecenderungan ini melonjak terutama sejak dikucurkan dana pengembangan teknologi nano di saat launching National Nanotechnology Initiative (NNI), Amerika oleh presiden Bill Clinton tahun 2001, sebagai tanda bahwa teknologi nano telah menjadi program nasional di Amerika.

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011