Portal Keunikan Masa Kini

Kamis, 07 Oktober 2010

ONN, Dalang Berita Hoax Justin Bieber

http://www.10tv.com/live/content/images/Generic_ONN/onn_generic.jpg

ONN adalah divisi tayangan video dari organisasi satir atau pandai menyindir untuk berita-berita di AS, The Onion. Divisi ini diluncurkan pada Maret 2007 silam, meski telah mulai produksi sejak pertengahan 2006. Seperti induknya, isi dari ONN murni karangan otak-otak kreatif di belakangnya.

http://www.democracycellproject.net/blog/archives/ONN%20graphic.jpg

Mulanya, The Onion hanya berupa suratkabar dan website. Mereka memparodikan dan menyindir sejumlah berita. Tak hanya skala lokal dan nasional, namun juga berita-berita internasional yang menghebohkan.

http://gossip.whyfame.com/files/2010/07/justin_bieber_lady_gaga.jpg

Parodi Onion bervariasi dan benar-benar ala media. Mulai dari tajuk berita (editorial), wawancara pemirsa yang sedang berlalu lalang di jalan, hingga layout informasi tentang saham yang meniru media asli, Associated Press.

Onion berdiri pada 1988, di bawah tangan Tim Keck dan Christopher Johnson. Namun setahun kemudian, mereka menjualnya kepada Pemimpin Redaksi Scott Dikker dan Manager Penjualan Peter Haise.

http://cdn.buzznet.com/media/jjr/headlines/2010/04/justin-bieber-paris-hotel.jpg

Seiring berjalannya waktu, Onion yang hanya media lokal berkembang ke skala nasional. Pada April 2009, Onion menyabet penghargaan Peabody Award sebagai media paling satir.
Beberapa media AS juga pernah 'kecele' mengutip Onion sebagai sumber berita mereka. Namun kini mereka sudah tahu seperti apa Onion sebenarnya. Sebab itulah jangan heran, tak satupun media resmi AS memberitakan hoax Justin Bieber.

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011