Portal Keunikan Masa Kini

Sabtu, 01 Mei 2010

Bangun dari Koma, Remaja Kroasia Lancar Berbahasa Jerman

gambar
Ilustrasi

KNIN, KOMPAS.com — Seorang gadis Kroasia berusia 13 tahun yang koma saat bangun menjadi lancar berbahasa Jerman.

Menurut orangtuanya, gadis itu, dari kota Knin di selatan Kroasia, sebelumnya tidak lancar berbahasa Jerman. Ia justru baru saja mulai belajar bahasa Jerman di sekolah dan sedang membaca buku dan menonton TV Jerman demi meningkatkan kemampuannya.

Ketika bangun dari koma selama 24 jam, dia tidak langsung mampu berbicara bahasa Kroasia, tetapi malah berkomunikasi dalam bahasa Jerman dengan sangat baik.

Para dokter di Rumah Sakit Split KB menyatakan bahwa kasus ini sangat tidak biasa. Berbagai ahli telah memeriksa gadis itu. Mereka mencoba untuk mencari tahu apa yang memicu perubahan tersebut.

Direktur Rumah Sakit, Dujomir Marasovic, seperti dikutip Telegraph, mengatakan, "Anda tidak tahu saat pulih dari trauma semacam itu bagaimana otak bereaksi. Tentu saja kami memiliki sejumlah teori meskipun saat ini kami dibatasi untuk menyampaikan hal itu karena kami harus menghormati privasi pasien."

Ahli kejiwaan Dr Mijo Milas menambahkan, "Dulu, ini akan disebut sebagai keajaiban, kami lebih suka berpikir bahwa mestinya ada penjelasan logis—hanya saja yang kami belum menemukannya."

|Tweet

0 komentar:

Posting Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011