Portal Keunikan Masa Kini

Senin, 03 Mei 2010

Merawat Kompor Gas..

kompor-gas-satu-tungku
Meskipun terlihat sepele, urusan kompor ngadat bisa bikin persiapan pesta jadi tersendat. Dengan kegiatan membersihkan kompor secara rutin, selain awet kompor juga lebih optimal menghasilkan panas dan membantu pekerjaan dapur Anda. Apa saja yang harus diperhatikan? Bagaimana cara merawat yang benar?
Jenis: Kompor gas banyak ragamnya. Ada yang portable, ada yang memiliki 1 atau 2 tungku dan ada juga yang berupa unit lengkap dengan ovennya. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah kompor gas dengan saluran selang yang dihubungkan dengan tabung gas. Harga dan modelnya juga sangat beragam. Pilihan jenis kompor ini tentu tergantung pada kebutuhan keluarga.

Tungku:
Bagian kompor yang paling penting adalah tungku. Tungku ini merupakan alat untuk mengeluarkan api yang mengahsilkan panas. Ukuran tungku ini ada yang lebar dan ada juga yang kecil yang menghasilkan kekuatan panas yang berbeda. Karena itu usahakan untuk menjaga agar permukaan dan bagian cerukan tungku ini selalu bersih. Jika warna api sudah kemerahan berarti ada kotoran yang menyumbat aliran api. Sebaiknya segera mengeceknya. Demikian juga jika api sudah mulai mengecil, berarti ada aliran gas yang terhambat di dalamnya. Untuk membersihkan tungku, lepaskan penutup besinya (jika ada), lap dengan lap lembap hingga bersih. Lap juga bagian cerukan tungku dan jika lapisan bergeriginya bisa dilepas, sikatlah perlahan agar bersih dari kotoran yang bisa menyumbat aliran api.
Waktu: Kapan sebaiknya membersihkan kompor gas? Jika tiap hari kompor gas dipakai, sebaiknya tiap hari pula dibersihkan. Pembersihan rutin ini mencegah kotoran bertumpuk dan menjaga kompor tetap bersih. Untuk kompor gas berupa unit dengan 4 tungku, sebaiknya lakukan perawaratan rutin dengan memanggil tukang servis, minimal 2 bulan sekali. Servis ini akan membuat selang dan kabel yang ada di dalam kompor bisa dicek teliti dan terpelihara.Jangan lupa bersihkan dan cek juga tungku pada oven, yang biasanya ada di bagian bawah kompor ini.
Merawat: Saat memakai kompor gas, Anda juga bisa melakukan pemeliharaan. Hindari tumpahan minyak atau kuah ke atas tungku kompor. Karena tumpahan ini bukan hanya  membuat nyala api terganggu tetapi juga membuat tungku berkarat. Jika terjadi tumpahan, bersihkan segera hingga kering agar tidak meninggalkan kerak atau kotoran pada tungku. Jangan lupa cek dan rawat juga selang serta kepala selang karena jika terjadi karat atau sayatan bisa mengakibatkan gas bocor. Gunakan pengaman yang bagus agar saat tejadi kebocoran aliran gas bisa mati secara otomatis.

|Tweet

0 komentar:

Posting Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011