Portal Keunikan Masa Kini

Selasa, 27 Juli 2010

120 Juta Kepiting Merah Dalam Perjalanan Migrasi !!!

Kepiting Merah di daerah Burrows Pulau Christmas Australia, merupakan jenis kepiting daerah endemik samudra Hindia. Tiap tahunnya, memasuki bulan Oktober-Desember kepiting merah ini akan migrasi besar-besaran, melewati daratan kemudian masuk ke pantai guna mencari tempat bertelur, selama migrasi, kepiting ini tetap bernafas menggunakan insangnya, untuk itu mereka menghindari terpaan sinar matahari guna menghindari kekeringan atau dehidrasi, karena hal tersebut akan menjadi ancaman bagi mereka.



Diperkirakan hingga 120 juta kepiting merah dari 14 spesies. selama migarsi mereka makan daun2 gugur, bunga atau jenis tanaman lainnya. Akan tetapi juga memakan binatang lainnya seperti serangga yang mereka temui, bahkan terkadang mereka juga makan kepiting sesamanya (kanibal). Kepiting ini ukurannya berkisar antara 10-20 cm, kepiting betina ukarannya lebih besar daripada sang jantan.



Selama migrasi kepiting tersebut akan menutupi jalan-jalan, hingga untuk berjalan diantaranya sangat susah, mereka menutupi got, masuk rumah-rumah dan lain sebagainya. Penduduk setempat dibantu para relawan biasanya menggunakan sekop untuk membuka jalan, membuat jalur dengan cara memagari dan kemudian mengalihkan ke tempat lain. Namun, tidak sedikit yang mati, karena kepanasan, terinjak dan terlindas mobil. diperkirakan 10-15 juta kepiting mati dalam masa migrasi tersebut. Kepiting Merah Pulau Christmas tidak berbahaya. Tetapi karena jumlahnya cukup besar, hal itu cukup meresahkan bagi penduduk setempat dan dianggap seperti halnya hama

.


perusak





|Tweet

0 komentar:

Posting Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011