Portal Keunikan Masa Kini

Selasa, 22 Juni 2010

pabrik semen tertua di Indonesia

artikel dari  haxims.blogspot.com

artikel dari  haxims.blogspot.com
Sejarah PT.Semen Padang
PT Semen Padang merupakan pabrik semen tertua di Indonesia yang didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappi (NV NIPCM) dan berlokasi tepat nya di Kota Padang Sumatera Barat Kec.Lubuk KIPabrik mulai berproduksi pada tahun 1913 dengan kapasitas 22.900 ton per tahun, dan pernah mencapai produksi sebesar 170.000 ton pada tahun 1939 yang merupakan produksi tertinggi pada waktu itu.

Ketika Jepang menguasai Indonesia tahun 1942-1945, pabrik diambil alih dengan menajemen Asano Cement, Jepang. Pada waktu kemerdekaan tahun 1945 pabrik diambil alih oleh karyawan dan selanjutnya diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia dengan nama Kilang Semen Indarung. Pada agresi militer 1 tahun 1947, pabrik dikuasai kembali oleh Belanda dan namanya diganti menjadi NV Padang Portland Cement Maatschappij (NV PPCM).
artikel dari  haxims.blogspot.com
Berdasarkan PP No. 50 tanggal 5 Juli 1958, tentang penentuan perusahaan perindustrian dan pertambangan milik Belanda dikenakan nasionalisasi, maka NV Padang Portland Cement Maatschappij dinasionalisasikan dan selanjutnya ditangani oleh Badan Pengelola Perusahaan Industri dan Tambang (BAPPIT) Pusat. Setelah tiga tahun dikelola oleh BAPPIT Pusat, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 135 tahun 1961 status perusahaan diubah menjadi PN (Perusahaan Negara). Akhirnya pada tahun 1971 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 menetapkan status Semen Padang menjadi PT Persero dengan Akta Notaris No. 5 tanggal 4 Juli 1972.
artikel dari  haxims.blogspot.com
Berdasarkan Surat Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 5-326/MK.016/1995, Pemerintah melakukan konsolidasi atas tiga Pabrik semen milik Pemerintah yaitu PT Semen Tonasa (PTST), PT Semen Padang (PTSP) dan PT Semen Gresik (PTSG), yang terealisir pada tanggal 15 September 1995, sehingga saat ini PT Semen Padang berada dibawah PT Semen Gresik Tbk (Semen Gresik Group).

artikel dari haxims.blogspot.com
Indarung I

artikel dari  haxims.blogspot.com
Indarung II dan III

artikel  dari haxims.blogspot.com
Indarung IV

artikel dari  haxims.blogspot.com
Indarung V

Pada awal nya PT Semen Padang hanya ada 3 pabrik,Indarung I ,II dan III.Saat ini pabrik Indarung I telah di non-aktifkan (karena berumur dan dimakan usia) hal ini menyebabkan produktifitas berkurang maka hingga saat ini telah dibangun 2 pabrik lagi demi membantu kinerja dari 2 pabrik lainnya yang masih aktif.

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011