Portal Keunikan Masa Kini

Jumat, 25 Juni 2010

rekor tidak tidur terlama

www.haxims.blogspot.com


Tidak pernah ada perhitungan pasti mengenai berapa lama manusia tahan untuk tidak tidur. Namun yang jelas, kurang tidur dapat menimbulkan efek berbahaya bagi manusia.

Beberapa hewan mungkin bisa bertahan untuk tidak tidur dalam waktu yang cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Namun tidak demikian dengan manusia, karena saraf dan otak manusia cukup berpengaruh oleh aktivitas tidur.

Namun, Guinness Book of World Record pernah mencatat, pada Mei 2007, seorang warga negara Inggris bernama Tony Wright pernah memecahkan rekor 'melek' selama 266 jam, atau hampir 11 hari lamanya. Dia berusaha untuk tetap terbangun dengan cara memakan jus wortel, pisang, alpukat, nanas dan kacang.

Rekor ini mengalahkan catatan sebelumnya yang ditorehkan Randy Gardner pada tahun 1964 dengan kemampuan 'melek' selama 254 jam.

Para ilmuwan tentu saja tidak merekomendasikan kegiatan seperti ini berlangsung terhadap seluruh manusia di bumi. Pasalnya, para ilmuwan menemukan bahwa kurang tidur mampu menghilangkan konsentrasi pada diri manusia sehingga berakibat pada ketidakmampuan mengambil keputusan dalam bekerja.

Bahkan tidak tidur dalam waktu yang lama dapat berakibat pada munculnya halusinasi, kerusakan pada pandangan mata dan munculnya paranoid.






Thai Ngoc
www.haxims.blogspot.com

TIGA DEKADE TIDAK PERNAH TIDUR

Percayakah anda kalau ada orang yang selama tiga decade tidak bisa tidur malam. Namanya Thai Ngoc atau disebut juga Hai Ngoc. Ia mengatakan tidak abisa tidur malam selama 30 tahun lebih sejak terserang demam pada 1973. “Saya tidak tahu entah insomnia atau apa, tapi saya tetap sehat dan bisa bekerja tani setiap hari seperti orang lain,” kata Ngoc. Hal tersebut dibenarkan oleh tokoh tetua komunitas Que Trung, Que Son district, mengatakan, ia bisa membawa dua 50 kg karung pupuk berjalan sejauh 4 km pulang pergi setiap harinya.

Istrinya mengatakan, “Dulu, suami saya bisa tidur dengan baik, tapi sekarang, bahkan sekalipun dia menenggak minuman keras pun, dia tidak bisa tidur,” ujarnya. Ngoc telah memeriksakan diri ke dokter di Da Nang, menurut dokter, ada sedikit gangguan pada fungsi hatinya.

Sehari hari Ngoc menggarap kebunnya,yang terletak di kaki gunung.Ia juga beternak ayam dan babi. Sementara kalau malam, karena tidak bisa tidur,ia menjaga kebunnya serta ternaknya, untuk mencegah pencurian. Karena tidak bisa tidur juga, pernah selama tiga bulan setiap malam ia menggali kolam besar untuk memelihara ikan.

Ngoc sepanjang hari, boleh dikata 24 jam, matanya melek terus. Nyaris tak istirahat. Ia memiliki enam anak, semuanya tinggal di rumah mereka di Que Trung.

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011