Portal Keunikan Masa Kini

Jumat, 02 Juli 2010

kemampuan pohon dalam menghasilkan Oksigen

Secara rata-rata, dalam daur hidupnya setiap pohon bisa mencukupi oksigen (O2) untuk kebutuhan 18 (delapan belas) orang dan menyerap karbondioksida (CO2) dari mobil yang berjalan sekitar 41.834 km. Pohon besar menyerap kira-kira sebesar 120-240 pounds partikel kecil tau gas polutan. Hanya tumbuhanlah yang menghasilkan oksigen di bumi ini (Jalal 2007).
Menurut Bernatzky (1978) pohon dengan tinggi 25 m dan diameter batang 15 m, akan mempunyai luas tutupan batang 160 m² dan luas permukaan daun sebesar 1600 m², akan menghasilkan oksigen sebanyak 1712 gram. Sedangkanuntuk 1 hektar lahan hijau dengan total luas permukaan daun 5 hektar akan membutuhkan 900 kg CO2 untuk melakukan fotosintesis selama 12 jam, dan pada waktu yang sama akan menghasilkan 600 kg O2.





Ajib banget kan gan kalo bumi kita banyak hutan hijaunya!

Hubungan Antara Jumlah Manusia dan Emisi Yang Dikeluarkan Oleh Kendaraan Umum!
Udara yang mengandung oksigen oleh mahluk hidup digunakan untuk proses pembakaran bahan bakar (respirasi) di dalam tubuh organisme untuk menghasilkan energi agar dapat bertahan hidup. Oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia sekitar 67% dari tubuh manusia dan setiap manusia mengkonsumsi oksigen dalam jumlah yang sama sebesar 600 liter/hari atau 840 gram/hari (Gerakis 1974 dalam Wisesa 1988).
Dengan meningkatnya perkembangan pembangunan dan penduduk di Kota, terjadi penurunan luas lahan hutan atau vegetasi. Peningkatan kendaraan umum dan jumlah penduduk akan berimplikasi pada peningkatan gas buangan CO2 dan CO ke udara. Dengan semakin meningkatnya populasi penduduk, maka berdampak juga terhadap produktivitas pohon dan berpengaruh terhadap kualitas udara yang mengandung oksigen karena pencemaran udara yang disebabkan kendaraan umum.
Dari data yang diperoleh, emisi yang dikeluarkan oleh satu kendaraan umum adalah sebesar 252 ton/hektar (Andrea 2008). Angka ini menyebabkan polusi besar dan merupakan salah satu penyebab Global Warming yang menjadi isu dunia.
Spoiler for Gambar emisi yang terjadi di kota-kota besar!:



Gak tau kapan terakhir mobil ini diservis!

Udah macet, polusi pula!

No comment deh!

Luas Ideal Lahan Hijau Di Perkotaan?
Untuk saat ini, luas ideal lahan hijau di perkotaan adalah 40%. Itu pun luas minimalnya, jika kurang dari angka 40%, akan dirasa kurang dalam menangani masalah Global Warming ke depannya. Untuk itu sangat disarankan bagi tiap-tiap rumah mempunyai tanaman hijau sebagai penopang kebutuhan oksigen dan menyerap CO2 dan CO di dalam atau pun di luar rumah. Selain itu, beberapa jenis tanaman juga punya “kemampuan khusus”, misalnya: mengurangi polusi, menghisap asap rokok, mendatangkan kupu-kupu yang membantu proses penyerbukan, memiliki daya serap air yg tinggi, dapat menarik permukaan air tanah supaya lebih dekat ke permukaan, membantu menyimpan air di bawah tanah, dll.

Beberapa Contoh Rumah Dengan Lahan Hijau!
Spoiler for Silahkan dibuka!:



Bakal berasa sejuk kalo kayak gini!

Ditambah dengan kolam ikan, suasana rumah dijamin akan semakin dingin!

Rupanya selain bermanfaat sebagai penghasil oksigen, tanaman juga dapat memperindah rumah kita gan!
So, ga rugi kan membuat lahan sekitar rumah kita menjadi hijau?
Indah didapat, sehat menjadi jaminan!
Jadi mulai sekarang jangan pernah ragu untuk membuat rumah kita menjadi hijau!
Pesan TS! (memaksa)
Ayo, hijaukan sekeliling kita!
Agar anak cucu kita bisa terselamatkan dari bahaya Global Warming!



LIDAH MERTUA AMPUH MENGURANGI GAS BERBAHAYA!

Originally Posted by sapphirestar View Post
Yes! GO GREEN! =D
5-stars for TS! Thank you for sharing!

Sedikit tambahan info nih bwt temen2 yg ngerasa sulit utk nanem pohon dikarenakan lapak di rumah sempit (baca: ngga punya halaman luas)--seperti rmh saia--
Uda tw blm tanaman yg namanya Sansevieria?
Spoiler for Sansevieria:
Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Sanseviera tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

sumber: Wikipedia

Tanaman ini ngga susah diurusnya, ngga perlu rutin disiram, ngga makan banyak tempat dan berkembang biaknya cepet. selain itu manfaatnya banyak, yg paling utama bwt nyerap polusi. makanya yg rumahnya pas banget di pinggir jalan raya, tanem deh tanaman ini.
Spoiler for Sanseviera di rumahku...:



Menanggapi soal polusi... masih wajar ya kalo kendaraan yg ngebul2 itu kendaraan macem angkot atw bis kota yg udah rombeng dan mestinya ngga digunain lg... nah yg kurang ajar tuh kalo mobil2 berkelas (misalnya mercedes, bmw) yg bemper belakangnya uda kaya bakaran sate! PLease deh, uji emisi ngga sih...!
^
^ sedikit curhat sebagai seorang pengendara sepeda motor yg sering terdzolimi oleh asep polusi

|Tweet

0 komentar:

Poskan Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011