Portal Keunikan Masa Kini

Selasa, 20 Juli 2010

Yolanda Santosa, Desainer Grafis handal Indonesia

Yolanda Santosa : Profil dan Karya

Quote:
Yolanda Santosa wanita kelahiran Jakarta, Februari 1978, sejak duduk di bangku Sekolah Dasar Don Bosco Jakarta, selalu unggul di bidang seni.
Saat pindah ke Singapura mengikuti orang tuanya, setamat sekolah dasar, Yo–panggilan akrabnya–makin memantapkan jalur hidupnya di bidang ini. Apalagi ketika ia merasa tak mampu menikmati pelajaran biologi dan matematika yang diberikan gurunya di Opera Estate Primary School dan Katong Convent Secondary School di Singapura.
Pada tahun 1995, kuliah di Art Center College of Design, Los Angeles. Ia menekuni desain grafis gerak (motion graphic design) dan branding. Di sanalah juga dia mulai untuk hidup mandiri.
Quote:
Originally Posted by Yo's Quote
Hidup dari jerih payah sendiri adalah sesuatu yang menyenangkan. (selalu) Belajarlah bertahan hidup di atas kaki sendiri"
Hari ini, Yo menjabat sebagai Direktur Kreatif perusahaan desain Ferroconcrete di Los Angeles, Amerika Serikat.
Spoiler for Yo Santosa:

Karir Yo dan Nominator Emmy Awardnya..
Quote:
Setelah lulus kuliah, Yo sempat bekerja di perusahaan desain yU+co. Di sana ia memenangi tender untuk membuat film title, main title, opening show film serial televisi yang populer di AS, yaitu Desperate Housewives (2004), The Triangle (2005), dan Ugly Betty (2006) .
Dari ketiganya itulah pula Yo dinobatkan sebagai nominator pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design selama 3 tahun berturut-turut dari tahun 2005 s.d 2007.

1. Desperate Housewives (2004)
Quote:
Spoiler for DESPERATE HOUSEWIVES:
Quote:
Kreator film ini, Marc Cherry, menginginkan ada penggambaran yang komunikatif tentang beberapa istri yang sedang patah hati, murung, tapi terkait dengan sejarah.
Yo menganggap permintaan itu sebagai sebagai tantangan. Bagi Yo tantangan adalah mengenai cara menyambungkan dan mengaitkan beragam aliran juga gaya visual sehingga hasilnya menjadi sesuatu yang kohesif. Dan ternyata, Yo memenangi tender itu dengan mengalahkan lima perusahaan lain. Saat itulah Yo merasa benar-benar menjadi local lead designer dan art director dan momen inilah yang paling berkesan dalam hidupnya.
Kerja kerasnya dalam proyek DESPERATE HOUSEWIVES, akhirnya dinominasikan pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design tahun 2005
Spoiler for pertanyaan ane:
Umur berapa nih Yolanda Santosa ketika masuk dalam nominasi Emmy tahun tersebut ????
2. The Triangle (2005)
Quote:
Spoiler for The Triangle:
Quote:
sebuah miniseri fiksi ilmiah tentang Segitiga Bermuda , yang ditayangkan pada Sci-Fi Channel dari 5 Desember - 7 Desember 2005. Disini Yo bekerja sama dengan Garson Yu (creative director/designer) , Robert Cribbett (compositor/designer), Nate Homan (animator/designer).

THE TRIANGLE dinominasikan pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design tahun 2006
2. Ugly Betty (2006)
Quote:
Spoiler for Ugly Betty:
Quote:
Wah kalo yang dulu rajin nonton Betty La Fea setiap sore di TV pasti tahu lah sinopsisnya. hehehehe... .Nah Betty La Fea dibuat remake versi Amerika-nya dengan judul Ugly Betty dan siarkan oleh CBC.

UGLY BETTY dinominasikan pada Emmy Award untuk Outstanding Main Title Design tahun 2007
Jadi, Apa sih Emmy Awards itu ??
Quote:
Emmy Awards, sering disebut hanya sebagai Emmy, adalah penghargaan untuk karya di industri televisi seperti program hiburan, berita dan menunjukkan dokumenter, dan program olahraga.
Emmy Awards dianggap setara dengan Academy Awards untuk film dan Grammy Awards untuk musik.
Spoiler for pialanya:

Yo dan Film Layar Lebar
Quote:
Nah, menjadi nominator dalam sebuah penghargaan besar saja sudah sangat membanggakan bukan?..... Tapi tunggu dulu ada juga karya-karya Yo yang juga terdapat dalam film-film yang jadi box office loh Juragan.
Juragan pasti kaget apa saja sih film-film tersebut??

Quote:
1. HULK
Spoiler for HULK :
Quote:
gak kebayang dalam film ini, ada orang indonesia sebagai desainer-nya

2. 300
Spoiler for 300:
Quote:
Film Favorit Ane Juragan !!!!!

3. CATWOMAN
Spoiler for CATWOMAN:
Quote:
wah ini Film yang dibintangin Halle Berry
Spoiler for CATWOMAN:

Yo dan Ferroconcrete
Quote:
Pada tahun 2006 Yo mendirikan Ferroconcrete yang berbasis di Los Angeles. Kini, Ferroconcrete semakin terjkenal sebagai desainer branding & motion graphic di Amerika Serikat. Tarif yang biasa dikenakan Yo untuk pengerjaan satu desain title film minimum US$ 250 ribu. Untuk Kiat sukesnya Ia berpesan :
Quote:
design something that you yourself is in love with
Untuk produk, Klien dan Karyanya adalah sebagai berikut :

1. Pinkberry
Spoiler for :
Quote:
Quote:
“What makes Pinkberry, Pinkberry? If you said the yogurt, you’re only half right. Customers stand in line for a taste of the yogurt, but they get in that line because of the brand.”
Pinkberry, toko frozen yogurt, sejak dibuka di bulan Januari 2005 dengan nilai penjualan $70 di bulan pertamanya, hingga bertumbuh menjadi 70 outlet di berbagai negara bagian Amerika dalam waktu hanya dua tahun!!!!!

Yo bertanggungjawab terhadap citra seluruh elemen brand Pinkberry: packaging, menu, iklan, materi pemasaran, environment graphics, interior dan eksterior toko, kendaraan, hingga ke web site Pinkberry.
Spoiler for Pinkberry:
Spoiler for Pinkberry:
2. ECHO
Spoiler for ECHO:



3. FIRST BLUSH
Spoiler for FIRST BLUSH:

4. eple
Spoiler for eple:
PENUTUP
Apa kunci suksesnya? peraih penghargaan Graphic Design USA 2006 serta Webby Award Honoree 2006 ini dalam bekerja, ia memiliki prinsip mencintai apa yang dikerjakan. Tanpa rasa cinta, menurut dia, sebuah pekerjaan tidak akan membuat seseorang unggul. Yo sangat senang jika industri desain di Indonesia bisa berkembang. Ia menantikan hal itu dan akan selalu menyempatkan menengok negeri kelahirannya.

Sukses terus untuk Yo!

|Tweet

0 komentar:

Posting Komentar

Kenzod Blogs Copyright © 2011